Tips Membasmi Rayap Di Rumah

Basmi rayap – Rayap adalah parasit yang merupakan musuh besar rumah dan furnitur, terutama yang terbuat dari kayu. Meskipun bentuk fisiknya sangat kecil, rayap memiliki kemampuan merusak yang sangat kuat.
Rayap, jika dibiarkan, dapat merusak bangunan. Untuk melindungi rumah Anda dari rayap, Anda perlu melakukan pencegahan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa cara untuk menghentikan rayap merasuki rumah Anda.

Pembersihan saluran air dan selokan

Rayap suka tinggal di lingkungan yang lembab dan menyerap banyak air. Selalu bersihkan area septik di sekitar rumah Anda. Waspadai tumpukan sampah dan jangan biarkan kotoran menyumbat selokan rumah Anda.

Perbaiki pipa dan keran yang bocor

Segera perbaiki keran dan saluran air yang bocor untuk menghindari kelembapan dan kebocoran. Lahan basah bisa menjadi tempat paling nyaman bagi rayap. Selain mencegah rayap, memperbaiki faucet dan pipa yang bocor dapat mengurangi konsumsi air.

Gunakan lebih sedikit kayu

Kayu merupakan makanan utama rayap. Oleh karena itu hindari menggunakan banyak kayu di dalam rumah. Hindari juga meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah.

Jika ada kayu untuk disimpan, letakkan di halaman terbuka, seperti taman. Tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah. Selain itu, jangan letakkan kayu langsung di atas lantai, tetapi tutupi terlebih dahulu dengan permadani keramik atau besi.

Jika ingin menggunakan kayu di rumah, usahakan untuk memilih bahan kayu yang berkualitas baik. Kualitas kayu sangat penting untuk menghindari terbentuknya rayap.

Jaga kebersihan lubang ventilasi

Pastikan ventilasi atau ventilasi bebas dari serpihan cat atau bata. Pasang kain kasa di atas lubang di layar untuk mencegah kotoran masuk ke dalam rumah. Bahan yang masuk melalui lubang palka bisa mengundang rayap untuk masuk ke dalam rumah.

Rawat elemen kayu secara berkala

Lakukan perawatan rutin pada furnitur kayu. Caranya dengan membersihkan debu dan kotoran setiap hari dengan lap kering. Anda juga bisa memperbaruinya setiap 1 atau 2 bulan sekali dengan cat atau vernis agar furnitur kayu selalu baru. Selalu pilih kayu terbaik untuk furnitur Anda. Kayu berkualitas buruk akan rentan terhadap rayap.

Furnitur ruang dan dinding

Rayap biasanya masuk ke dalam rumah melalui retakan di dinding dengan jamur yang mampu mensintesis benda apa pun. Setelah Anda memasukkan celah di dinding, rayap dengan mudah masuk ke dalam beton untuk menjangkau kayu yang paling dekat dengan dinding, jadi pastikan Anda menyisakan jarak sekitar 10cm antara dinding dan kabinet. Ini cukup untuk mencegah rayap menyerang furnitur.

Gunakan bahan alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghentikan rayap menyerang furnitur Anda, termasuk air putih, minyak tanah, air cucian beras, garam meja, dan air tembakau.

Semprotkan campuran air dan bahan tersebut pada area sekitar furnitur kayu. Anda juga bisa menaburkan atau menyemprotkan bahan alami langsung pada sarang rayap untuk menghilangkannya secara instan.

Perlindungan lengkap untuk semua bangunan tempat tinggal

Pilihan lainnya adalah menggunakan bantuan tenaga profesional untuk menyemprotkan semprotan anti sengat di rumah. Cara ini cukup efektif untuk melindungi seluruh bangunan.

Perlindungan penuh akan membunuh rayap di bawah bangunan dan mencegah mereka datang untuk waktu yang lama. Perlindungan yang komprehensif akan menghemat lebih banyak biaya daripada yang dibutuhkan untuk pembaruan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *