Tips merawat mobil

Perawatan kendaraan harus tahan lama dan mudah digunakan. Bagaimana Anda mengikuti saran mobil Anda agar tetap kuat dan nyaman digunakan?

Mobil bekas membutuhkan perawatan rutin. Para informan tidak menginginkannya tiba-tiba, mobil mogok di jalan?

Apa pun jenis kendaraannya, apakah otomatis atau manual, itu membutuhkan perawatan. Mobil atau layanan reguler harus dikonfigurasi untuk menjaga kendaraan agar selalu dalam kondisi baik dan dalam kondisi baik saat digunakan.

Berikut cara merawat mobil agar tetap berkelanjutan, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. cek oli

Secara umum, dalam manual, tes oli direkomendasikan setiap 10.000 km atau 6 bulan. Tetapi lebih baik menggunakan mobil dalam kemacetan lalu lintas harian, dan oli diganti setiap 5.000 kilometer.
Juga, jika mesinnya kasar dan oli berubah menjadi hitam dan berarti hitam, itu adalah tanda pergantian oli.

  1. Periksa kopling dan rem

Inspeksi kendaraan di pintu masuk 10.000 dan 50.000 km direkomendasikan. Perhatikan inti kopling yang sudah mulai aus, yang membuat transmisi terasa berat. Kemudian secara teratur memeriksa kondisi rem. Minyak rem harus diganti setiap 20.000 km.

  1. Ganti pendingin udara

Penggantian air dingin adalah benar dan tidak acuh tak acuh, yang harus diperhitungkan ketika servis kendaraan. Ini untuk mendukung kinerja mobil.

  1. Periksa baterai

Tips perawatan mobil berikutnya adalah memastikan aki air berada pada level yang seharusnya, yaitu antara merek. Atau mengukur tegangan baterai menggunakan voltmeter.

  1. Periksa ban dan tekanan

Meskipun tekanan ban hewan peliharaan sangat penting untuk keselamatan. Setidaknya sebulan sekali dan sebelum pergi.
Perhatikan juga kondisi ban, jadi jika Anda melihat sesuatu yang aneh atau rusak, harus segera diganti.

  1. Periksa kabel dan lampu secara teratur

Untuk kenyamanan dan perjalanan bebas masalah, periksa kondisi kabel dan lampu secara teratur. Ada kabel longgar atau bahkan rusak, lampu sudah mulai gelap. Jika Anda menemukan kerusakan dan perlu menggantinya, gunakan komponen yang direkomendasikan oleh pabrik.

  1. Cuci mobil

Cuci mobil setidaknya sekali seminggu untuk menjaga agar bodywork bersih dan bebas dari noda. Jika jarang dicuci, akan lebih sulit untuk dibersihkan, terutama dengan mesin putih di mana noda mudah terlihat.
Gunakan sabun cuci mobil khusus saat mencuci dan gunakan kain lembut untuk menghindari kerusakan cat. Gunakan juga kap mesin saat parkir, untuk menghindari kelembaban dan panas.

  1. Bersihkan kaca

Bersihkan kaca secara teratur dengan cairan pembersih kaca khusus dan periksa kualitas air mesin cuci. Pastikan untuk membersihkan karet jendela dari kotoran dan debu agar kaca tidak tergores

  1. Membersihkan interior mobil

Bersihkan interior mobil seperti dudukan setelah digunakan untuk menghindari perubahan warna yang cepat. Kursi mobil berubah karena balap atau barang terkait lainnya.

Juga bersihkan kabin dan karpet untuk mencegah jamur.

  1. Penggunaan bahan bakar oktan tinggi

Akhirnya, saran perawatan mobil agar performa mesin terbaik adalah penggunaan bahan bakar dengan angka oktan tinggi atau sesuai anjuran pabrikan. Menggunakan bahan bakar kotor dapat mempengaruhi kinerja mesin. Cobalah mengisi bahan bakar di lokasi resmi.

Itulah beberapa tips di atas yang boleh kalian coba