Belajar di era New normal Apakah Anda membutuhkan platform yang ideal, apa saja?

Beberapa dari kita pasti akrab dengan istilah “normal baru.” Setidaknya, istilah ini telah sering diumumkan dalam beberapa minggu terakhir sebagai tanggapan terhadap epidemi virus corona yang belum menunjukkan tanda-tanda berakhir, setidaknya di Indonesia. Saat ini, semua sektor siap untuk menyerah pada sistem kehidupan baru yang bersangkutan, termasuk dunia pendidikan. Mulailah cara Anda melakukan kegiatan di luar ruangan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan saat belajar. Singkatnya, kita akan belajar bagaimana belajar di zaman alami yang baru.

Namun, menerapkan Divergensi Sosial sebagai faktor utama dalam New Normal itu sendiri menciptakan tantangan tersendiri bagi mereka yang bekerja di dunia pendidikan, yang umumnya menyatukan guru dan siswa dengan tujuan melakukan proses belajar yang menyenangkan. Oleh karena itu, para profesional pendidikan perlu menemukan solusi terkait dengan bagaimana proses belajar mengajar berlanjut di zaman yang baru, tanpa mengabaikan peran guru sebagai guru.

Dengan kata lain, media harus memfasilitasi guru sehingga mereka dapat terus mempraktikkan posisi mengajar. Sementara siswa memenuhi kewajiban akademik mereka. Bahkan tanpa profesor muncul di depannya, dan hanya dari rumah.

Jadi jika kita berbicara tentang Normal Baru di dunia pendidikan, yang terbaik adalah bagaimana institusi pendidikan formal seperti sekolah dapat terus bekerja dengan semua batasan yang ada. Jadi, bahkan jika keadaan mengharuskan siswa untuk terus belajar di rumah, parasut utama harus tetap di sekolah. Siswa masih harus dapat belajar dengan guru mereka di sekolah, belajar sesuai dengan kurikulum dan standar di sekolah terkait, untuk memperoleh penilaian pembelajaran (rapor).

Nah, berikut adalah beberapa platform yang mungkin sempurna, atau setidaknya itu dapat membantu sekolah dan ekosistem di dalamnya untuk pembelajaran jarak jauh di New Normal hari ini.

Kelas cerdas

Platform ini menawarkan solusi pendidikan lengkap untuk siswa sekolah dasar, menengah dan menengah, yang dapat diakses setiap hari. Siswa dapat belajar berdasarkan kepribadian, visual, akustik, dan kinetik mereka.

Dengan kata lain, platform ini menawarkan literasi penuh. Semua peralatan dan nomor materi sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku. Menariknya, topik yang disajikan tidak hanya dalam bentuk e-book, tetapi juga dalam presentasi, audio dan video.

Karena platform ini dikembangkan khusus untuk pendidikan, platform ini berisi metode pembelajaran metodologis. Mereka menyebutnya LPT atau cara untuk belajar, berlatih dan menguji. Dengan cara ini, proses belajar siswa dimulai dengan mempelajari subjek, kemudian ia terus berlatih pertanyaan, kemudian lulus ujian. Hasilnya adalah bahwa siswa menerima nilai dan kelas akan dimasukkan dalam rapor.

Menariknya, sistem pembelajaran mandiri yang dikembangkan oleh kelas cerdas juga mencakup fungsi yang memungkinkan ekosistem pendidikan bagi sekolah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, dengan fitur dengan nama yang sama, “Sekolah”. Dengan fitur ini, siswa dapat belajar dari guru mereka di sekolah melalui pengalaman pendidikan yang mirip dengan sekolah, serta dari guru.

Singkatnya, platform ini memungkinkan proses pembelajaran di sekolah berjalan normal. Di sini guru dapat mengajar di kelas dan berinteraksi dengan murid-muridnya, siswa dapat berhadapan langsung dengan guru dan siswa lainnya, guru dapat melihat murid-muridnya dan membuat catatan melalui papan tulis dan mengikuti tes dan merangkum hasil ujian untuk memberikan selebaran. Hampir semua kegiatan yang biasanya dilakukan di sekolah dapat dilakukan melalui platform online ini. Secara umum, platform ini cocok untuk model pembelajaran jarak jauh di mana siswa belajar di rumah dan guru di sekolah.

Google Classroom

Platform ini, dikembangkan oleh Google, bertujuan untuk menyederhanakan, mendistribusikan, dan mengevaluasi kegiatan secara virtual dan tanpa kertas. Tujuan utama Google Classroom adalah menyederhanakan proses berbagi file antara guru dan siswa. Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk membuat dan mengirim pekerjaan rumah, Google Documents, Spreadsheet, dan presentasi Menulis, Gmail untuk komunikasi dan google calendar untuk penjadwalan.

Demikian beberapa platform di atas yang dapat dikatakan sempurna atau setidaknya membantu sekolah dan ekosistem di luar sana untuk melakukan pembelajaran jarak jauh di New Normal